7 Negara Dengan Dinas Intelijen Terbaik

7 Negara Dengan Dinas Intelijen Terbaik

hi bro/sis apa kabar? yarp saya harap bro/sis tetap sehat..
pada kesempatan kali ini, saya ingin berbagi info tentang dinas intelijen ternama di dunia🙂
tetapi urutan nomor bukanlah suatu yang terbaik dari 7 negara. jadi bro/sis pasti mempunyai tugas untuk mencari tahu dari  7 negara, mana yang paling baik🙂

logo_mossad
sebelumnya, Intelijen (bahasa Inggris: intelligence) adalah informasi yang dihargai atas ketepatan waktu dan relevansinya, bukan detail dan keakuratannya, berbeda dengan “data”, yang berupa informasi yang akurat, atau “fakta” yang merupakan informasi yang telah diverifikasi. Intelijen kadang disebut “data aktif” atau “intelijen aktif”, informasi ini biasanya mengenai rencana, keputusan, dan kegiatan suatu pihak, yang penting untuk ditindak-lanjuti atau dianggap berharga dari sudut pandang organisasi pengumpul intelijen. Pada dinas intelijen dan dinas terkait lainnya, intelijen merupakan data aktif, ditambah dengan proses dan hasil dari pengumpulan dan analisis data tersebut, yang terbentuk oleh jaringan yang kohesif. Kata intelijen juga sering digunakan untuk menyebut pelaku pengumpul informasi ini, baik sebuah dinas intelijen maupun seorang agen. Sumber dan info lengkap : Apa itu intelijen


Setelah bro/sis membaca apa itu intelijen, yuk mari ke intinya..
7 negara dengan dinas Intelijen terbaik.. cekidot bray!!!

1. JEPANG

  • NAICHO : Bagian dari kantor riset kabinet. Punya bujet besar untuk menganalisis berbagai kebijakan pertahanan dari seluruh negara besar uang diminta Jepang.
  • MITI : Bertanggung jawab atas pengumpulan  data komersil dan ekonomi di seluruh dunia.
  • PSIA : Public Security Investigation Agency ( Dinas Investigasi Keamanan Publik ) berkonsentrasi pada konter-terorisme dan konter-spionase. Terutama beroperasi di dalam negeri, tapi sejak tahun 1999 makin mengembangkan pendekatan global.

 

2. PERANCIS

  • DAS : Ukurannya sangat kecil ( jumlah staf di bawah 50 orang per 1999 ). Memfokuskan diri pada penilaian atas upaya perencanaan pertahanan jangka panjang negara-negara lain.
  • DPSD : Direction de la Protection et de la Securite de la defense ( Direktorat Bagi Proteksi dan Keamanan Pertahanan ). Bertanggung jawab atas pengumpulan intelijen militer luar negeri.
  • DRM : Lembaga yang terlibat langsung dengan program satelit intelijen Prancis. Terbagi dalam lima sub-direktorat, melapor langsung kepada perdana menteri aktif.
  • DST : Directorate for Surveillance of the Territory ( Direktorat Pengintaian Wilayah ) adalah dinas intelijen Perancis yang paling besar dan paling kuat, memiliki beberapa ribu karyawan. Beroperasi di dalam dan luar negeri, memikul tanggung jawab yang luas, di antaranya melakukan pengintaian atas seluruh kedutaan asing di Paris dan melaksanakan sejumlah besar operasi klandestin. Melapor langsung kepada menteri dalam negeri aktif.
  • DGSE : Direction Generale de la Securite Exterieure (  Direktorat Umum untuk Keamanan Eksternal ). Tugasnya adalah mengumpulkan intelijen industri dan ekonomi , menyusupi organisasi teroris, serta melaksanakan spionase klasik.
  •  SGDN : Secretariat General de la Defense Nationale melapor kepada perdana menteri, dan menyediakan rangkuman atas perkembangan intelijen militer di negara – negara yang menjadi minat Perancis.

 

3. CINA

  • ILD : Namanya seolah – olah tak berbahaya, International Liaison Department ( Departemen Hubungan Internasional ). Organisasi ini terlibat dalam banyak jenis aktivitas klandestin, target utamanya adalah Amerika Serikat.
  • MID : Military Intelligence Department ( Departemen Intelejen Militer ) bertanggung jawab kepada staf Umum Tentara Pembebasan Rakyat. Laporannya antara lain berisi perkembangan terbaru seluruh kapabilitas militer asing ( khususnya Amerika Serikat ) serta melaksanakan pengintaian satelit . Stafnya ditempatkan pada setiap kedutaan dan konsulat RRC.
  • MSS : Didirikan pada tahun 1983, Ministry of State Security  ( Kementerian Keamanan Dalam Negeri ) bertanggung jawab atas seluruh konter – Spionase didalam Cina. Dalam hal reputasi, kementerian ini ditakuti orang.
  • STD : Berada di bawah kementerian pertahanan, Departemen Sains dan Teknologi yang besar ini memiliki dua fungsi utama : mengumpulkan seluruh lalu-lintas sinyal dari Angkatan Laut Cina dan kedutaan – kedutaan di luar negeri, serta menargetkan perusahaan – perusahaan yang mengerjakan teknologi militer dan sipil paling canggih, terutama perusahaan AS.
  • NCNA : Resminya adalah kantor berita yang melaporkan berita-berita seputar Cina. Selama ini telah menjadi samaran bagi semua dinas intelijen Cina lainnya yang terlibat dalam berbagai aktivitas klandestin.

 

4. RUSIA

  • GRU : Glavnoye Razvedovatelnoye Upravlenie menyediakan intelijen militer bagi kremlin. Stafnya diisi oleh dinas – dinas intelijen terbaik dari bekas Uni Sovyet. Diperlengkapi dengan pengintaian satelit.
  • FCS : Dinamai ulang menjadi Federal Counter-Intelligence Service ( Dinas Kontra-Intelijen Federal ), lembaga ini sebenarnya hanyalah versi terbaru dari KGB lama. Stafnya berjumlah 142.000 orang ( 1999 ). Memfokuskan diri pada pengendalian dan perpindahan diperbatasan, konter-intelijen internal, pengintaian atas seluruh diplomat asing, sejumlah besar jurnalis, dan para pebisnis. Punya divisi polisi yang kuat, yang memiliki unit disetiap kota utama di Rusia.
  • SVR : Sluzhba Vneshnie Razvedaki  mengendalikan operasi pengumpulan intelijen yang berlapis ganda diseluruh dunia. Sejumlah unit khususnya mengumpulkan intelijen politik, industri, dan komersil. Melaksanakan operasi klandestin, termasuk pembunuhan.

5. INGGRIS  

BERSAMBUNG PART 2, Harap buka terus ya, karena kemungkinan gak bakalan ke share ke Sosmed

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s